SMA NEGERI 1 SEI KANAN

Berbudi, Cerdas dan Beriman

Waktu

Pengumuman Unair

[LENGKAP]

Penerimaan Mahasiswa Baru Unair

[LENGKAP]

Pengumuman Sekolah

REFLEKSI UKG

Oleh Admin 01-08-2012 17:56:59

Refleksi UKG

Uji kompetensi guru bersertifikat telah dilaksanakan, banyak kendala yang dihadapi sehingga terkesan amat dipaksakan. Pertanyaan mendasar adalah untuk apa uji kompetensi guru dilaksanakan? Padahal pada umumnya guru bersertifikat sudah melalui tahapan test dan lulus dari berbagai Kriteria, Mulai dari penjaringan izajah Keguruan, Akta 4 Mengajar, Diklat Prajabatan, Sampai Diklat Sertifikasi. Pada umunya juga guru bersertifikat sudah minimal memiliki tingkat pengalaman mengajar lima tahun bahkan sampai 25 tahun.

Alasan pemerintah malaksanakan Uji Kompetensi Guru adalah untuk pemetaan yang katanya informasi ini akan dilakukan untuk evaluasi terhadap profesionalisme guru di tingkat daerah-daerah. Sebenarnyaa maksud dari pemerintah itu cukup baik namun melihat kondisi dari peserta yang akan diuji serta kesiapan panitia sungguh tidak sinergis.

Indonesia perlu membenahi dunia pendidikan namun dengan cara Uji Kompetensi Guru kurang efektif. Karena dalam dunia pendidikan permasalahan sudah cukup kompleks, sehingga perlu pembenahan dari birokrasi pendidikan tersebut. Banyaknya guru bersertifikat namun kurang memilki kompetensi merupakan akibat dari buruknya Birokrasi Pendidikan.

Hasil Uji Kompentensi guru sudah kita lihat bersama nilai standar : 70 yang di inginkan oleh pemerintah tak satupun dapat mencapainya, betapa buruknya system birokrasi pendidikan yang kerkesan asal-asalan dalam membuat kebijakan, dan tidak selektif dalam memberikan penilaian sertifikat. Mari kita bersama perbaiki system birokrasi pendidikan untuk kemajuan bangsa dan Negara.

S. Sitompul.S.Pd